Powered By Blogger

Rabu, 03 Maret 2010

afwan

sudah lama g posting, maklum sibuk bikin tugas. so, posting kali ini contoh tugas kuliah saja. hwa3x. afwan

tugas geologi dasar, cari pengertian geologi dan ilmu lain yang berhubungan dengan itu.

Geologi (berasal dari Yunani: γη- [ge-, "bumi"] dan λογος [logos, "kata", "alasan"]) adalah Ilmu (sains yang mempelajari bumi, komposisinya, struktur, sifat-sifat fisik, sejarah, dan proses pembentukannya. Geologiwan telah membantu dalam menentukan umur bumi yang diperkirakan sekitar 4.5 milyar (4.5x109) tahun, dan menentukan bahwa kulit bumi terpecah menjadi lempeng tektonik yang bergerak di atas mantel yang setengah cair (astenosfir) melalui proses yang sering disebut tektonik lempeng. Geologiwan membantu menemukan dan mengatur sumber daya alam yang ada di bumi, seperti minyak bumi, batu bara, dan juga metal seperti besi, tembaga, dan uranium serta mineral lainnya yang memiliki nilai ekonomi, seperti asbestos, perlit, mika, fosfat, zeolit, tanah liat, pumis, kuarsa, dan silika, dan juga elemen lainnya seperti belerang, klorin, dan helium. Astrogeologi adalah aplikasi ilmu geologi tentang planet lainnya dalam tata surya (solar sistem). Namun istilah khusus lainnya seperti selenology (pelajaran tentang bulan), areologi (pelajaran tentang planet Mars), dll, juga dipakai. Kata "geologi" pertama kali digunakan oleh Jean-André Deluc dalam tahun 1778 dan diperkenalkan sebagai istilah yang baku oleh Horace-Bénédict de Saussure pada tahun 1779
Mineralogi, pengetahuan yang mempelajari mineral yaitu bahan utama yang membentuk kerak bumi, umpama bagian bagian dari batuan, bijih bijih serta berbagai macam garam, batu permata dll. Geologi erat kaitannya dengan bidang ini karena membutuhkan pengetahuan tentang struktur kerak bumi dll.

Petrologi, (Bahasa Yunani: petros = batuan, logos = pengertian) mempelajari cara terjadinya berbagai macam batuan, cara pembagiannya (klasifikasi) dll. Geologi erat kaitannya dengan bidang ini karena membutuhkan pengetahuan tentang batuan dll.

Paleontologi, (Bahasa Yunani: palaios = purba, ontos = machluk) ialah ilmu yang mempelajari pembatuan dari sisa sisa binatang purba ataupun tumbuh-tumbuhan purba. Geologi erat kaitannya dengan bidang ini karena membutuhkan pengetahuan tentang waktu geologi maupun batuan dll.

Geologi Sejarah, mempelajari urutan dari satuan satuan waktu serta kejadian kejadian dan perubahan perubahan selama sejarah bumi. Geologi erat kaitannya dengan bidang ini karena membutuhkan pengetahuan tentang proses pembentukan bumi dll.

Geologi Ekonomi, ialah pengetahuan yang mempelajari endapan endapan serta mineral mineral yang mempunyai arti ekonomi penting dalam kehidupan kita sehari hari, seperti endapan endapan emas, batu bara, minyak, dan lain lain. Geologi erat kaitannya dengan bidang ini karena membutuhkan pengetahuan tentang tempat dan struktur mineral dll.

Geofisika, ialah pengetahuan yang mempelajari sifat sifat fisika dari bumi seperti gaya berat, gejala magnetis dll. Dalam geologi modern pengetahuan ini sangat penting karena memberi keterangan kepada kita tentang proses proses geologi yang kini sedang berlaku dalam bumi, yang biasanya tertutup bagi kita. Geologi erat kaitannya dengan bidang ini karena membutuhkan pengetahuan tentang proses geologi terhadap sifat fisika bumi dll.

Geomorfologi, adalah ilmu yang mempelajari bentuk bentuk muka bumi yang terjadi karena kekuatan kekuatan yang bekerja di atas dan di dalam bumi. Geologi erat kaitannya dengan bidang ini karena membutuhkan pengetahuan tentang bentuk muka bumi dll.

Geologi Teknik, ialah penggunaan geologi dalam lapangan teknik, misalnya dalam pembuatan waduk, jalan jalan, pondasi dll. Bangunan bangunan yang akan didirikan di suatu tempat tidak akan menjadi baik, jikalau kita tidak mempunyai pengetahuan yang cukup tentang tanah dasar atau batuan dari suatu daerah. Gerak tanah yang terjadi pada tanah longsor, runtuhan, rayapan dan sebagainya, juga merupakan bagian dari ilmu geologi teknik.
Geologi Struktur, adalah studi mengenai distribusi tiga dimensi tubuh batuan dan permukaannya yang datar ataupun terlipat, beserta susunan internalnya.Geologi struktur mencakup bentuk permukaan yang juga dibahas pada studi geomorfologi, metamorfisme dan geologi rekayasa. Dengan mempelajari struktur tiga dimensi batuan dan daerah, dapat dibuat kesimpulan mengenai sejarah tektonik, lingkungan geologi pada masa lampau dan kejadian deformasinya. Hal ini dapat dipadukan pada waktu dengan menggunakan kontrol stratigrafi maupun geokronologi, untuk menentukan waktu pembentukan struktur tersebut.

Geokimia, adalah cabang ilmu geologi yang mempelajari komposisi-komposisi kimia bagian dari bumi misalnya pada lithosfer yang sebagian besar komposisi kimianya adalah silikat serta pada daerah stalaktit dan stalagmit banyak ditemukan CaCO3.

Stratigrafi, adalah studi mengenai sejarah, komposisi dan umur relatif serta distribusi perlapisan tanah dan interpretasi lapisan-lapisan batuan untuk menjelaskan sejarah Bumi. Dari hasil perbandingan atau korelasi antarlapisan yang berbeda dapat dikembangkan lebih lanjut studi mengenai litologi (litostratigrafi), kandungan fosil (biostratigrafi), dan umur relatif maupun absolutnya (kronostratigrafi). stratigrafi kita pelajari untuk mengetahui luas penyebaran lapisan batuan. Geologi erat kaitannya dengan bidang ini karena membutuhkan pengetahuan tentang batuan dll.

Vulkanologi merupakan studi tentang gunung berapi, lava, magma, dan fenomena geologi yang berhubungan. Seorang ahli vulkanologi adalah orang yang melakukan studi pada bidang ini. Istilah vulkanologi berasal dari Bahasa Latin Vulcan, dewa api Romawi. Para ahli vulkanologi sering mengunjungi gunung berapi, terutama yang masih aktif, untuk mengamati letusan gunung berapi, mengumpulkan produk letusan termasuk contoh tephra (seperti abu, ash atau batu apung, pumice), batuan, dan lava. Tujuan utama dari penyelidikan adalah perkiraan letusan; pada saat ini belum ada cara yang akurat untuk melakukan hal ini, tetapi memperkirakan letusan, seperti halnya memperkirakan gempa bumi, dapat menyelamatkan banyak jiwa. Seorang ahli vulkanologi mempelajari pembentukan gunung berapi dan letusannya saat ini serta sejarah letusannya. Geologi erat kaitannya dengan bidang ini karena membutuhkan pengetahuan tentang struktur permukaan bumi dll.

Seismologi berasal dari dua kata dalam bahasa Yunani, yaitu seismos yang berarti getaran atau goncangan dan logos yang berarti risalah atau ilmu pengetahuan. Orang Yunani menyebut gempa bumi dengan kata-kata seismos tes ges yang berarti Bumi bergoncang atau bergetar. Dengan demikian, secara sederhana seismologi dapat diartikan sebagai ilmu yang mempelajari fenomena getaran pada bumi, atau dengan kata sederhana, ilmu mengenai gempa bumi. Seismologi merupakan bagian dari ilmu geofisika. Seismologi tidak hanya mempelajari gempa bumi. Eksplorasi hidrokarbon (minyak bumi dan gas) juga diawali oleh survey seismik. Untuk keperluan ini, pemicu getaran dibuat manusia (bukan gempa bumi) dengan menggunakan semacam dinamit, lalu getaran yang dapat diterima beberapa penerima (receiver) disusun sedemikian rupa sehingga catatan getaran tersebut dapat menggambarkan kondisi bawah tanah. Geologi erat kaitannya dengan bidang ini karena membutuhkan pengetahuan tentang gerakan tanah ataupun lempeng tektonik dll.

Hidrogeologi (hidro- berarti air, dan -geologi berarti ilmu mengenai batuan) merupakan bagian dari hidrologi yang mempelajari penyebaran dan pergerakan air tanah dalam tanah dan batuan di kerak Bumi (umumnya dalam akuifer). Istilah geohidrologi sering digunakan secara bertukaran. Beberapa kalangan membuat sedikit perbedaan antara seorang ahli hidrogeologi atau ahli rekayasa yang mengabdikan dirinya dalam geologi (geohidrologi), dan ahli geologi yang mengabdikan dirinya pada hidrologi (hidrogeologi).

Oseanografi (berasal dari bahasa Yunani oceanos yang berarti laut dan γράφειν atau graphos yang berarti gambaran atau deskripsi juga disebut oseanologi atau ilmu kelautan) adalah cabang dari ilmu bumi yang mempelajari segala aspek dari samudera dan lautan. Secara sederhana oseanografi dapat diartikan sebagai gambaran atau deskripsi tentang laut. Dalam bahasa lain yang lebih lengkap, oseanografi dapat diartikan sebagai studi dan penjelajahan (eksplorasi) ilmiah mengenai laut dan segala fenomenanya. Laut sendiri adalah bagian dari hidrosfer. Seperti diketahui bahwa bumi terdiri dari bagian padat yang disebut litosfer, bagian cair yang disebut hidrosfer dan bagian gas yang disebut atmosfer. Sementara itu bagian yang berkaitan dengan sistem ekologi seluruh makhluk hidup penghuni planet Bumi dikelompokkan ke dalam biosfer. Geologi erat kaitannya dengan bidang ini karena membutuhkan pengetahuan tentang permukaan bumi dll.

Ekologi adalah ilmu yang mempelajari interaksi antara organisme dengan lingkungannya dan yang lainnya. Berasal dari kata Yunani oikos ("habitat") dan logos ("ilmu"). Ekologi diartikan sebagai ilmu yang mempelajari baik interaksi antar makhluk hidup maupun interaksi antara makhluk hidup dan lingkungannya. Dalam ekologi, kita mempelajari makhluk hidup sebagai kesatuan atau sistem dengan lingkungannya. Geologi erat kaitannya dengan bidang ini karena membutuhkan pengetahuan tentang lingkungan maupun bentuk bentuk permukaan bumi dll.

Geodesi. Menurut IAG (International Association Of Geodesy, 1979), Geodesi adalah Disiplin ilmu yang mempelajari tentang pengukuran dan perepresentasian dari bumi dan benda-benda langit lainnya, termasuk medan gaya beratnya masing-masing, dalam ruang tiga dimensi yang berubah dengan waktu. Dalam bahasa yang berbeda, geodesi adalah cabang dari ilmu matematika terapan, yang dilakukan dengan cara melakukan pengukuran dan pengamatan untuk menentukan:
• Posisi yang pasti dari titik-titik di muka bumi
• Ukuran dan luas dari sebagian besar muka bumi
• Bentuk dan ukuran bumi serta variasi gaya berat bumi
Geologi erat kaitannya dengan bidang ini karena membutuhkan pengetahuan tentang permukaan bumi dll.

Topografi adalah studi tentang bentuk permukaan bumi dan objek lain seperti planet, satelit alami (bulan dan sebagainya), dan asteroid. Dalam pengertian yang lebih luas, topografi tidak hanya mengenai bentuk permukaan saja, tetapi juga vegetasi dan pengaruh manusia terhadap lingkungan, dan bahkan kebudayaan lokal. Topografi umumnya menyuguhkan relief permukaan, model tiga dimensi, dan identifikasi jenis lahan. Penggunaan kata topografi dimulai sejak zaman Yunani kuno dan berlanjut hingga Romawi kuno, sebagai detail dari suatu tempat. Kata itu datang dari kata Yunani, topos yang berarti tempat, dan graphia yang berarti tulisan. Objek dari topografi adalah mengenai posisi suatu bagian dan secara umum menunjuk pada koordinat secara horizontal seperti garis lintang dan garis bujur, dan secara vertikal yaitu ketinggian. Mengidentifikasi jenis lahan juga termasuk bagian dari objek studi ini. Studi topografi dilakukan dengan berbagai alasan, diantaranya perencanaan militer dan eksplorasi geologi. Untuk kebutuhkan konstruksi sipil, pekerjaan umum, dan proyek reklamasi membutuhkan studi topografi yang lebih detail
Geologi lingkungan, studi mengenai hubungan manusia dengan lingkungan geologi termasuk didalamnya biosfer, lithosfer, hidrosfer, dan sebagian atmosfer. Hal tersebut mencakup:
• Mengelola sumberdaya geologi dan hidrogeologi seperti bahan bakar fosil, mineral, air (permukaan dan air bawah permukaan), dan tata guna lahan.
• Menetapkan dan mengurangi kemungkinan akibat bencana alam pada manusia.
• Mengelola pembuangan sampah industri dan rumah tangga serta mengurangi atau menghilangkan efek polusi

Geoarkeologi merupakan bagian dari arkeologi yang menggunakan teknik dan bidang perhatian geografi serta ilmu bumi lainnya untuk menguji topik yang memberikan pemikiran dan pengetahuan arkeologi Ahli geoarkeologi mempelajari proses fisik alami yang mempengaruhi lokasi arkeologi seperti geomorfologi, pembentukan lokasi selama proses geologi dan efek terhadap tempat yang terkubur serta artefak yang telah terkubur. Pekerjaan ahli geoarkeologi sering kali memerlukan penelitian tanah dan sedimen seperti juga konsep geografi lainnya untuk menghasilkan suatu penelitian arkeolog..

Geokronologi merupakan ilmu untuk menentukan umur absolut batuan, fosil, dan sedimen, dalam suatu tingkat ketidakpastian tertentu yang melekat dalam metode yang digunakan. Berbagai macam metode penentuan umur digunakan oleh ahli geologi untuk mencapai hal tersebut. Geologi erat kaitannya dengan bidang ini karena membutuhkan pengetahuan tentang batuan dan fosil dll.

Geologi panas bumi adalah salah satu cabang ilmu geologi untuk mengetahui keberadaan reservoir panas bumi di bawah tanah (eksplorasi). Reservoir panas bumi merupakan jebakan air (atau air asin) yang terkena panas bumi sehingga menjadi uap dengan suhu dan tekanan tinggi. Ilmu memproduksi panas bumi dipelajari pada teknik perminyakan karena kondisinya yang mirip dengan reservoir minyak bumi. Hasil produksi (exploitasi) umumnya dipergunakan untuk pembangkit tenaga listrik.

Speleologi adalah ilmu yang mempelajari gua termasuk proses pembuatannya (speleogenesis), struktur, fisik, sejarah dan aspek biologis. Asal kata speleologi berasal dari bahasa Yunani spelaion yang berarti gua dan logos yang berarti ilmu. Speleologi sering dikaitkan dengan aktivitas penjelajahan gua yang dikenal dengan istilah caving. Geologi erat kaitannya dengan bidang ini karena membutuhkan pengetahuan tentang permukaan dan kerak bumi dll.

Glasiologi (dari bahasa Perancis glace yang berarti es dan bahasa Yunani Λoγος (logos) yang berarti ilmu) adalah ilmu yang mempelajari tentang sifat-sifat fisika dan kimia dari es dan salju (gletser), pembentukan formasi, pergerakan dan juga evolusinya. Geologi erat kaitannya dengan bidang ini karena membutuhkan pengetahuan tentang waktu geologi ataupun batuan dll.

Geomikrobiologi adalah ilmu yang menggabungkan geologi dan mikrobiologi, dan mempelajari interaksi organisme mikroskopis dengan lingkungan anorganik, seperti pada batuan sedimen. Bidang ini menjadi penting ketika berhubungan dengan mikroorganisme dalam akuifer dan suplai air minum umum.

Palinologi merupakan ilmu yang mempelajari polinomorf yang ada saat ini dan fosilnya, diantaranya serbuk sari, sepura, dinoflagelata, kista, acritarchs, chitinozoa, dan scolecodont, bersama dengan partikel material organik dan kerogen yang terdapat pada sedimen dan batuan sedimen. Istilah palinologi diperkenalkan oleh Hyde dan Williams pada tahun 1944, berdasarkan surat-menyurat dengan ahli geologi Swedia yang bernama Antevs, dalam Pollen Analysis Circular (salah satu jurnal yang mengkhususkan pada analisa pollen, yang diproduksi oleh Paul Sears di Amerika Utara). Hyde dan Williams memilih palinologi berdasarkan kata dalam Bahasa Yunani paluno yang berarti 'memercikan' dan pale yang berarti 'debu' (sehingga mirip dengan kata dalam Bahasa Latin pollen). Geologi erat kaitannya dengan bidang ini karena membutuhkan pengetahuan tentang waktu geologi ataupun proses pembekuan dll.

Sumber:
http://id.wikipedia.org/wiki/Geologi. Kamis, 25-2-2010 pkl 21:46
Katili, J. A. dan P. Marks, Geologi, Departemen Urusan Research Nasional, Djakarta, 1963.
http://id.wikipedia.org/wiki/Geologi_struktur. Rabu, 24-2-2010 pkl 22:13
http://id.wikipedia.org/wiki/Geokimia. Rabu, 24-2-2010 pkl 22:16
http://id.wikipedia.org/wiki/Stratigrafi. Rabu, 24-2-2010 pkl 22:21
http://id.wikipedia.org/wiki/Vulkanologi. Rabu, 24-2-2010 pkl 22:23
http://id.wikipedia.org/wiki/Seismologi. Rabu, 24-2-2010 pkl 22:27
http://id.wikipedia.org/wiki/Hidrogeologi. Rabu, 24-2-2010 pkl 22:41
http://id.wikipedia.org/wiki/Oseanografi. Rabu, 24-2-1010 pkl 22:43
http://id.wikipedia.org/wiki/Ekologi. Rabu, 24-2-2010 pkl 22:44
http://id.wikipedia.org/wiki/Geodesi. Rabu, 24-2-2010 pkl 22:47
http://id.wikipedia.org/wiki/Topografi. Rabu, 24-2-2010 pkl 22:48
http://id.wikipedia.org/wiki/Geologi_lingkungan. Rabu, 24-2-2010 pkl 22:51
http://id.wikipedia.org/wiki/Geoarkeologi. Rabu, 24-2-2010 pkl 22:54
http://id.wikipedia.org/wiki/Geokronologi. Rabu, 24-2-2010 pkl 22:55
http://id.wikipedia.org/wiki/Geologi_panas_bumi. Rabu, 24-2-2010 pkl 22:57
http://id.wikipedia.org/wiki/Speleologi. Rabu, 24-2-2010 pkl 22:58
http://id.wikipedia.org/wiki/Glasiologi. Rabu, 24-2-2010 pkl 22:59
http://id.wikipedia.org/wiki/Geomikrobiologi. Kamis, 25-2-2010 pkl 21:43
http://id.wikipedia.org/wiki/Palinologi. Kamis, 25-2-2010 pkl 21:45

Tidak ada komentar:

Posting Komentar